Leadership dan Pengambilan Keputusan di PT. MBKV


Oleh: Nenny Rinawati
NPM: 20092133

E-LEADERSHIP DI PT. MITRA BISNIS KELUARGA VENTURA

Saya bekerja di PT. Mitra Bisnis Keluarga Ventura (PT. MBKV) sejak tahun 2007, berawal dari sebuah Yayasan yang bernama Yayasan Ganesha Keuangan Mikro dan berubah menjadi Perseroan Terbatas sejak tahun 2006, PT MBKV bergerak dalam bidang Mikro Finance yang berkantor pusat d Kompleks Permata Lippo Karawaci Tangerang.

Dari awal berdiri hingga sekarang memiliki 22 Distrik Office (DO) dan 138 kantor cabang yang tersebar d wilayah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Satu DO terdiri dari 5-7 kantor cabang dan ada bagian MIS (Management Information system) yang di lengkapi dengan satu komputer server dan 2-3 komputer client yang terhubung secara Local Area Networking.

Aplikasi yang dipergunakan di DO adalah Aplikasi Kredit dan Mikro Finance dimana output yang dihasilkan berupa LKS (Lembar Kerja Setoran) yang akan di kirim ke cabang yang ada di wilayahnya.

Saya bertugas sebagai Team Leader MIS di Distrik Office Bandung Selatan, selain menghasilkan output LKS, kita juga membuat laporan bulanan cabang yang dikirim tiap awal bulan Ke Manager Keuangan di kantor Pusat dengan di cc ke Direktur Utama melalui email, sehingga MIS berfungsi juga sebagai penghubung komunikasi antara kantor cabang dengan kantor pusat, jadi apabila ada perubahan dalam sebuah kebijakan akan cepat tersampaikan, boleh dikatakan dalam masalah komunikasi kita tidak ada hambatan sama sekali, kendala yang paling kita rasakan adalah jendala teknis seperti printer rusak, listrik sering mati, computer hang.

Dapat diambil kesimpulan E-Leadership d PT MBKV telah terlaksana dengan baik, dari penerapan E-Leadership ini efisiensi biaya perusahaan dapat di tekan dan berdampak pada pengingkatan produktivitas perusahaan.

Nenny Rinawati

NPM : 20092133

Turangga 13 B

PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN REKRUITMENT PEGAWAI BARU

Indikator berkembangnya perusahaan di tempat saya bekerja adalah dibukanya banyak kantor cabang yang berdampak terhadap Sumber Daya Manusianya (SDM).

Sehingga dilakukan proses Rekruitment Pegawai Baru dengan tahap-tahap pelaksanaan :

1. Proses tersebut berawal dari lowongan pekerjaan yang kita sebarkan di tiap cabang, online dalam website perusahaan ataupun bekerja sama dengan perguruan tinggi yang ada.

2. Seleksi dari surat lamaran yang masuk, faktor yang dilihat adalah : kelengkapan lamaran, nilai matematika di ijazah minimal 7, pendidikan minimal SMA untuk staf lapangan dan staf MIS, D3 ataupun S1 untuk jabatan WKC.

3. Pemanggilan calon pegawai yang lulus di tahap seleksi dengan telepon ataupun sms

4. Test Tertulis berupa soal Matematika sebanyak 20 soal, dengan ketentuan : untuk lulusan SMA minimal Betul 16, untuk D3 atau S1 minimal betul 18.

5. Lulus test tertulis dilanjutkan dengan Test Motor untuk bagian lapangan dan test computer untuk bagian MIS

6. Setelah Lulus test praktek dilakukan wawancara.

7. Setelah lulus wawancara, calon pegawai diberitahu penempatan

8. Apabila tidak lulus baik ditahap test tertulis, praktek maupun wawancara diberi kesempatan untuk ikut test lagi 3 bulan kedepan.

9. Di cabang yang telah ditentukan calon pegawai melakukan observasi selama 5 hari, pada saat observasi calon pegawai diberi uang makan dan transport.

10. Setelah selesai observasi calon pegawai melakukan test kesehatan

11. Apabila dinyatakan sehat dari Rumah sakit dengan membawa bukti hasil rontgen maka calon pegawai tersebut masuk dalam tahap training selama 3 bulan.

12. Selesai trainng, calon pegawai di beri kontrak tahun pertama sebagai pegawai baru dengan status pegawai kontrak.

13. Kontrak Kerja diberikan selama 2 tahun, setelah dua tahuan pegawai di angkat sebagai pegawai tetap PT MBKV

DIAGRAM ALUR REKRUITMEN PEGAWAI PT MBKV